Saturday, October 30, 2010

Pameran Kementrian Agama Saudi Arabia, Al-Ahsa

Bertolak selepas dzuhur dari Al-Jubail menuju ke Al-Ahsa yang kurang lebih berjarak 320km dengan mengendarai dua kendaraan Van yang memuat 16 orang. 
3 jam waktu yang kita habiskan untuk bisa sampai ke tempat tujuan yaitu Al-Ahsa tempat diadakannya Pameran dari kementrian Kerajaan Saudi Arabia.


Sampai di lokasi selepas maghrib langsung masuk ke exhibition hall yang terbuat dari tenda yang sangat besar dilengkapi dengan air conditioner, menambah dinginnya malam yang sudah cukup dingin. 

Hanya beberapa stand setelah masuk saya melihat sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya, yaitu stand tempat "manuscript" asli Al-Qur'an yang di tulis tangan.
Alangkah terawatnya naskah-naskah asli Al-Qur'an tersebut membuatku teringat akan firman Allah Ta'ala dalam surat Al-Hijr ayat 9:

إن علینا جمعه وقرأنه فإذا قرأناه فاتبع قرأنه

Artinya : “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Dzikra (Al-Quran), dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”.

Bergerak lebih jauh sampailah rombongan di stand King Fahd Qur'an Printing Complex.
Di stand ini kita dapat melihat bagaimana cara mencetak Mushaf Qur'an dari awal hingga akhir.
Seperti pada gambar disamping seseorang sedang menulis tangan sebuah master mushaf Qur'an yang kemudian akan di scan dan di edit di komputer yang selanjutnya akan dijadikan output film untuk percetakan. Kemudian akan dicetak secara masal dan akan dicheck ulang oleh bagian quality control sebelum didistribusikan. Adapun mushaf-mushaf yang sudah lolos QC di beri stampel di halaman kedua dari depan.
Di akhir stand ini ada yang menarik, kerumunan manusia pada suatu counter membuat antrian yang cukup panjang, Aha.. ternyata di counter tersebut sedang di bagikan Mushaf Qur'an dan buku-buku yang sangat bermanfaat, langsung saja saya dan rombongan bergegas bergabung bersama mereka walhasil saya mendapatkan sebuah Mushaf Madinah ukuran Folio.. Alhamdulillah semoga bermanfaat bagi kami.

Kemudian sampailah kami pada stand Siroh Nabi SAW, Ustadz Abu Hamidah menerangkan dengan detail perjalanan Rosulullah SAW sambil memperlihatkan ilustrasi pada poster yg terpampang di sekeliling dinding stand serta maket-maket yang ada di tengah-tengah ruangan.



Tak terasa adzan isya pun sudah berkumandang kami pun bergegas untuk mencari masjid untuk menunaikan sholat isya dan dilanjutkan dengan muhadoroh umum yang disampaikan oleh 3 orang ustadz, rekaman audionya insya Allah akan di upload di postingan berikutnya..














No comments:

Post a Comment